Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: COUSTEAU, JACQUES

Jacques Cousteau (1910-1997), perwira angkatan laut Prancis, penjelajah bawah laut, penulis, dan pembuat film documenter.

Lahir di Saint-Andre-de-Cubzad, dekat Bordeaux, Prancis, pada 11 Juni 1910, dan meninggal pada 1997. Menjalani pendidikan di Sekolah Angkatan Laut di Brest, Cousteau bekerja di Angkatan Laut Prancis sebagai perwira meriam saat memulai penjelajahan bawah laut. Pada 1943 dia dan insinyur Prancis Emile Gagnan menyempurnakan aqualung (paru-paru air)-sebuah silinder udara yang dipadatkan yang dihubungkan melalui katup pengatur-tekanan ke masker muka-yang memungkinkan penyelam masuk ke kedalaman 120 meter dan bertahan dalam air selama enam jam.

Agar dapat menyelam lebih dalam, dia membuat piring selam Denise. Piring selam adalah kapal selam mini berbentuk piring yang dapat mengangkut dua penumpang. Piring selam dapat menyelam hingga kedalaman 300 meter dan bergerak dalam air selama empat jam.

Dia kemudian menggagas perkampungan bawah air yang disebutnya Conshelf (Continental Shelf Station, Statiun Dasar Benua). Dia membangun Conshelf I pada 1962. Setahun kemudian dia membuat Conshelf II yang terdiri atas rumah berbentuk bintang laut, hangar untuk piring selam, garasi untuk skuter selam, kandang ikan, sangkar anthihiu, dan Kabin Laut Dalam. Di dalam Conshelf II inilah lima orang penyelam hidup di dasar Laut Merah dekat Port Sudan selama 1 tahun.

Cousteau membuat beberapa film panjang, film pendek, dan film televise. Di anatarnya Dunia Hening (The Silent World) dan Dunia tanpa Matahari ( The World Without Sun, 1966) yang memenangkan Academy Award sebagai film dokumentar terbaik pada tahun tersebut. Cousteau menulis banyak buku, termasuk serial berjudul Penemuan-penemuan Bawah Laut Jacques-Yves Cousteau (Undersea Discoveries of Jacques-Yves Cousteau).

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar