Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: COTTRELL, FREDERICK

Frederick Gardner Cottrel (1877-1948), ilmuwan AS, penemu precipitator elektostatik.

Lahir di Oakland, California, AS, pada 10 January 1877, dan meninggal di Berkeley, pada tanggal 16 November 1948. Menjalani pendidikan di Universitas California dan Universitas Berlin, serta meraih gelar doctor di Leipzig.

Dia mulai membuat precipitator elektrostatik pada 1906 dan selesai pada 1910. Alat ini adalah alat pembersih udara yang dapat membersihkan udara dari debu, asap, tepung sari, dan kotoran-kotoran halus lainnya. Alat ini banyak digunakan di rumah, kantor, rumah sakit, dan pabrik.

Dari hasil penjualan precipitator elektrostatik ini Cottrell memperoleh banyak uang, yang sebagian besar digunakannya untuk mendirikan sebuah lembaga riset nirlaba yang membantu riset dasar bagi perguruan tinggi. Dia pernah menjadi direktur Biro Tambang Amerika Serikat, dan pada 1922 menjadi direkur Laboratorium Riset Nitrogen Terikat. Cottrell juga memproduksi helium untuk kapal udara.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar