Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: CHAMBERLAIN, OWEN

Owen Chamberlain (1920-), fisikawan Amerika, menerima Hadiah Nobel fisika 1959 bersama fisikawan Amerika kelahiran Italia, Emilo Gino Segre, karena penemuan antiproton.

Lahir di San Francisco, California, AS, pada 10 Juli 1920. Chamberlain menyelesaikan pendidikan sarjana mudanya di Dartmouth College, memperoleh gelar B.S. dalam bidang fisika pada 1941. Dari 1942 hingga 1946 dia menjadi present di Proyek Manhattan-proyek pembuatan bom atom pada masa Perang Dunia II. Dia juga ikut berperan dalam uji coba Bom atom pertama di Alamogordo, Meksiko Utara.

Dari 1947 hingga 1949 dia bekerja di Laboratorium Nasional Argonne dekat Chicago, IIIinois, dan meraih gelar Ph.D. bidang fisika di Universitas Chicago pada 1949. Dia kemudian masuk ke Universitas California di Barkeley, menjadi guru besar fisika pada 1958, jabatan yang dipegang sampai pensiun pada 1989.

Karya Chamberlain dalam bidang fisika nuklir dimulai dengan penelitian saksama tentang partikel subatomic- partikel pembentuk atom. Saat terlibat dalam proyek bom atom dia meneliti partikel alfa, pembelokan netron dan reaksi nuklir energy-tinggi.

Pada 1928 fisikawan Inggris Paul Dirac mengemukakan teori bahwa didalam atom terdapat antipartikel. Teori ini tidak dapat dibuktikan kaerna belum ditemukan alat yang memadai untuk mengujinya. Barulah setelah ditemukan mesin yang dapat memprcepat proton, disebut bevaltorn, terbuka kemungkinan menguji teori Dirac. Dengan menggunakan bevatron, Chamberlain bersama Emilio Segre menemukan antiproton, pada 1955. Kemudian Chamberlain juga memastikan tentang keberadaan antinetron.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar