Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: AL-KHAWARIZMI

Muhammad ibnu musa al-Khawarizmi atau Algoarismi (780?-850?), ahli matematika Muslim, penemu algorisme dan persamaan aljabar dalam matematika

Lahir di Khawầrizm (kini Khiva, Uzbekistan) Pada sekitar 780, dan meninggal di Baghdad pada sekitar 850.

Dia adalah pustakawan di istana Kalifah al-Ma’mun dan astronom di observatorium Baghdad. Karyanya dalam bidang aljabar, aritmetika, dan tabel astronomi memberikan sumbangan besar dalam pemikiran matematika. AL-Khawarizmi memperkenalkan angka-angka India dan metode-metode perhitungan India kepada dunia Islam. D ia memang banyak menimba ilmu dari literatur Hindu. Malah menulis karya-karya mengenai ilmu hitung lndia dan tabel-tabel astronomi tertua dari India.

Dia adalah orang pertama yang memakai persamaan al-jabr dalam bidang matematika dari sinilah istilah bahasa Inggris algebra berasal. Terjemahan risalahnya mengenai aljabar dalam bahasa Latin, oleh penerjemah Italia Gerard dari Cremona, mempengaruhi sebagian besar pengetahuan matematika pada Abad Pertengahan di Eropa. Karyanya mengenai algoritma, istilah yang diturunkan dari namanya, memperkenalkan metode menghitung dengan menggunakan notasi angka dan desimal Arab.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar