Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: COMPTON, ARTHUR

Arthur Compton (1892-1962), fisikawan Amerika dan penerima Hadiah Nobel, mempelajari sinar-X dan menemukan efek Compton pada 1922.

Compton lahir di Wooster, Ohio, AS, pada 10 September 1892, dan meninggal di Berkeley, California, pada 15 Maret 1962. Menjalani pendidikan di Wooster College dan Universitas Princeton.

Pada 1932 dia menjadi guru besar fisika di Universitas Chicago. Saat berada di Universitas Chicago, Compton memimpin laboratorium tempat reaksi berantai nuklir pertama dilakukan. Compton juga memainkan peran penting dalam pengembangan bom atom.

Dari 1945 hingga 1953 Compton menjabat rektor Universitas Washington, dan setelah 1954 dia menjadi guru besar filsafat alam di sana. Compton berjasa menemukan efek Compton, yaitu perubahan panjang gelombang pada radiasi elektromagnetik energi-tinggi ketika radiasi itu menghamburkan electron. Penemuan efek Compton membuktikan bahwa radiasi elektromagnetik memiliki sifat-sifat gelombang dan partikel-prinsip penting dalam teori kuantum.

Compton juga menyelidiki pemantulan, pembiasan, dan spectrum sinar-X. Atas jasa-jasanya itu dia menerima Hadiah Nobel fisika pada 1927, bersama fisikawan Inggris Charles Wilson.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar