Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: BESSEMER, HENRY

Sir Henry Bessemer (1813-1989), adalah penemu asal Inggris. Dia adalah penemu yang produktif, tetapi paling dikenal karena menemukan proses membuat baja bermutu tinggi.

Lahir di Charlton, Hertfordshire, Inggris, pada 19 Januari 1813, dan meninggal 15 Maret 1898. Sebagian besar pendidikannya dijalaninya secara otodidak.

Proses pembuatan baja bermutut tinggi yang ditemukan Bessemer memerlukan tungku setinggi 6 meter-yang kemudian dikenal dengan nama konverter Bessemer. Di bagian bawah tungku terdapat lubang untuk menyemprotkan udara. Oksigen yang disemprotkan ke besi panas yang cair membuat besi menjadi bersih. Setelah dicampur dengan karbon dan mangan, maka didapatlah baja yang kuat tapi mudah dibentuk serta harganya murah. Metode ini telah meningkatkan produksi tahunan baja di Inggris secara besar-besaran.

Bessemer adalah penemu produktif, dia tercatat menghasilkan 114 penemuan. Antara lain dia menemukan cap stempel untuk mengecap dokumen-dokumen penting dan bubuk brons berwarna keemasan untuk cat.

Bessemer menerima banyak penghargaan, termasuk gelar kebangsawanan dan keanggotaan di Royal Society, keduanya diberikan pada 1879.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar