Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: CAVENDISH, HENDRY

CAVENDISH, HENDRY

Hendry Cavendish (1731-1810), fisikawan dan ahli kimia Inggris. Dia menemukan bahwa hydrogen adalah pembentuk air, dan menyelidiki sifat-sifatnya. Dia juga menghitung massa dan berat jenis bumi.

Lahir dari orangtua asal Inggris di Nice Prancis, pada 10 Oktober 1731, dan meninggal di London pada 24 February 1810. Menjalani pendidikan Peterhouse College Universitas Cambridge.

Eksperimen-eksperimen awalnya adalah mengenai panas zat. Pada 1766 dia menemukan sifat unsure hydrogen dan menentukan gaya beratnya. Namun berkaryanya yang paling diingat adalah penemuan komposisi air dia menyatakan bahwa air tediri atas dephlogisticated air (oksigen) yang bergabung dengan phlogiston (hydrogen).

Melalui apa yang kini disebut eksperimen Cavendish, dia menentukan bahwa berat jenis bumi adalah 5,45 kali berat jenis air, perhitungan yang sengat dekat dengan angka 5,5268 yang dihasilkan dengan teknik pengukuran modern. Cavendish juga menentukan berat jenis atmoster dan melakukan penelitian mengenai arus listrik.

Banyak penemuan Cvendish yang tidak diketahui semasa hidupnya karena dia jarang bercakap-cakap dengan orang. Bahkan para pembantunya jarang mendengar dia bicara; dia lebih suka menuliskan perintah-perintahnya untuk mereka. Dia juga memberikan izin kepada para ilmuwan lain untuk memanfaatkan perpustakaannya yang besar – namun dia mengatur agar mereka tidak harus bertemu atau bicara dengannya.

Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya, nama Cavendish diabadikan menjadi nama laborarium di Unversitas Cambridge, yang menghasilkan banyak ilmuwan terkemuka dunia seperti James Maxwell, J.J. Thomson, dan Ernest Rutherford.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar