Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: COULOMB, CHARLES DE

Charles Augustin de Coulomb (1736-1806), fisikawan Prancis, perintis teori listrik yang merumuskan Hukum Coulomb.

Lahir di Angouleme, Prancis, pada 14 Juni 1736, meninggal di Paris pada 23 Agustus 1806. Menjalani pendidikan di Institut Teknologi Mezieres, salah satu perguruan tinggi teknologi pertama di dunia.

Setelah menjadi insinyur, dia bekerja sebagai insinyur militer untuk Prancis di Hindia Barat. Tetapi karena kesehatannya yang buruk, dia berhenti dan pindah ke Blois, Prancis, saat Revolusi Prancis berlangsung. Di Blois dia melanjutkan penelitian di bidang kemagnetan, gesekan, dan listrik.

Pada tahun1777, dia menemukan neraca pilin untuk mengukur gaya tarik magnet dan listrik. Dengan penemuan ini, Coulomb dapat merumuskan prinsip-prinsip yang sekarang dikenal sebagai hukum Coulomb, menggambarkan interaksi antara muatan listrik. Pada 1779 Coulomb menerbitkan naskah Theoria des machines simples (Teori tentang Mesin-Mesin Sederhana), analisis gesekan pada mesin-mesin.

Setelah perang Coulomb pension dan menjadi penasihat pemerintahan yang baru dalam bidang system metrik. Satuan muatan listrik dinamai “coulomb” untuk menghormati jasa-jasanya.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar