Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: BIRDSEYE, CLARENCE

Clarence Birdseye (1886-1956), ahli makanan, industrialis, dan penemu asal Amerika.

Lahir di Brooklyn, New York, AS, pada 9 Desember 1886, dan meninggal di kota yang sama pada 7 Oktober 1956. Dia menjalani pendidikan di Amherst College. Dikenal sebagai perintis penyiapan dan pemasaran makanan beku dan makanan kering.

Ide membekukan makanan ditemukan oleh Birdseye ketika berkunjung ke Labrador (1912-1916) sebagai pedagang kulit hewan berbulu. Disana dia melihat penduduk setempat membekukan makanan ketika musim dingin. Kembali ke New York pada 1917, ia pun mengadakan eksperimen-eksperimen untuk menemukan cara mengeringkan makanan dan membekukannya dengan cepat. Usaha mendapatkan hasil, dan ketika ia bersama teman-temannya mendirikan perusahaan makanan beku pada 1924, dagangannya itu dalam waktu singkat laku keras. Metode pembekuan ciptaan Birdseye memang lebih unggul dibandingkan metode yang sebelumnya ditemukan orang. Metode pembekuan Birdseye yang hanya membutuhkan waktu 90 menit ini menjamin gizi, rasa, dan warna makanan tetap seperti aslinya.

Setelah menjadi orang yang kaya-raya karena bisnis makanan beku, Birdseye berkonsentrasi mencari penemuan-penemuan baru. Dia memang memperoleh banyak penemuan lagi, antara lain lampu yang dipanaskan dengan sinar infra merah dan senapan penembak harpun.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar