Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: BERNOULLI, DANIEL

Daniel Bernoulli (1700-1782), ilmuwan Swiss kelahiran Belanda, yang menemukan prisip dasar perilaku zat cair.

Bernoulii lahir di Groningen pada 29 Januari 1700, dan meninggal di Basel pada 17 Maret 1782. Dia adalah anak Johann Bernoulli dan keponakan Jakob Bernoulli, keduanya matematikawan penting yang besar jasanya bagi perkembangan kalkulus.

Mengikuti jejak ayah dan pamannya, minat awalnya tumbuh di bidang matematika. Meksipun dia lulus dari sekolah kedokteran pada 1721, dia menjadi guru besar matematika di Akademi Rusia di Saint Petersburg pada 1725. Dia belakangan mengajar filsafat eksperimental, anatomi, dan botani di universitas-universitas di Groningen dan Basel, Swiss.

Bernoulli merupakan pionir ilmuwan Eropa yang menerima fisika bari yang diperkenalkan oleh saintis Inggris Isaac Newton. Dia mempelajari aliran zat cair dan merumuskan prinsip bahwa tekanan yang didesak oleh aliran air adalah sebanding dengan jumlah alirannya -yang kita kenal sebagai Hukum Bernoulli.

Dia menggunakan konsep atomistik dalam usahanya merumuskan teori kinetic pertama tentang gas, menghitung perilaku gas di bawah kondisi tekanan dan suhu yang berubah dalam persamaan probabilitas. Namun semasa dia dia hidup penilitiannya ini tidak banyak mendapat perhatian.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar