Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: AL-BATTANI

Abu-Abdullah Muhammad Ibnu Jabir al-Battani atau Al-battani atau Albatenius (sekitar 858-929), astronom dan ahli matematika Muslim terkemuka pada zamannya.

Lahir di Harran (kini Suriah) pada 858, dan meninggal di Kasr al-Jiss, tak jauh dari Samarra, pada 929. Hampir seluruh hidupnya dihabiskannya di ar-Raqqah, daerah di tepi sungai Eufrat. Obsrvatorium asrtonominya di ar-Raqqah, Suriah, berdiri selama lebih 40 tahun.

Karya-karyanya dalam bidang astronomi diterbitkan dalam De Motu Stellarum (Concerning the Motion of the Stars atau Tentang Gerakan Bintang-Bintang, 1537), antara lain mengoreksi kesalahan astronom Ptolemaus dalam soal inklinasi gerhana dan panjangnya waktu dalam satu tahun.

Dia juga memberi sumbangan penting bagi bidang matematika murni. Dia memperkenalkan fungsi sinus dalam perhitungan matematika, menghitung tabel kotangen, dan merumuskan persamaan-persamaan tertentu dalam bidang trigonometri sferikal.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar