Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: BENZ, KARL

Karl Benz (1844-1929) adalah insinyur mesin Jerman, orang yang pertama kali membuat mobil.

Lahir di Karlsruhe, Jerman, pada 25 November 1844, dan meninggal di Ladenburg, dekat Mannheim, Jerman, pada 4 april 1929. Benz menjalani pendidikan di Universitas Teknologi di Karlsruhe. Dia adalah seorang perintis dalam industri mobil. Setelah mendapat gelar insinyur mesin, dia mendirikan bengkel di Mannheim, pada 1871. Pada 1878 dia membuat mesin dua tak (yaitu dua putaran untuk sekali pembakaran) dan kemudian mesin empat tak (empat putaran untuk sekali pembakaran) yang lebih ringan.

Dia juga menemukan berbagai macam aksesoris mobil. Pada 1885 dia membuat kendaraan beroda tiga dengan mesin pembakaran dalam. Kendaraan ini mendapat hak paten dan dikendarai di jalan-jalan kota Munich pada 1886. Bersama Gottlieb Daimler (penemu sepeda motor), Benz berjasa membuat mobil pertama, yang diberi nama Mercedes-Benz.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar