Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: CLAUSIUS, RUDOLF

Rudolf Julius Emmanuel Clausius (1822-1888), fisikawan matematika Jerman, salah seorang bapak ilmu termodinamika.

Dia lahir di Köslin, Prusia (kini Koszalin, Polandia) pada 2 Januari 1922, dan meninggal di Bonn pada 24 Agustus 1888. Menjalani pendidikan di Universitas Berlin dan Universitas Halle. Dari 1855 sampai meninggal dia bertutu-turut menjadi guru besar di Institut Politeknik di Zurich, Universitas Wurzburg, dan Universitas Bonn.

Clausius adalah orang pertama yang merumuskan pada 1850 apa yang disebut hukum termodinamika II: “Panas tidak dapat berpindah dengan sendirinya dari benda yang lebih dingin ke benda yang lebih panas.” Termodinamika adalah cabang fisika yang mempelajari energy dan semua bentuk perubahannya terutama mengenai hubungan panas dan usaha. Dia merupakan salah seorang ilmuwan yang pertama kali menerapkan hukum-hukum termodinamika, khususnya konsep entropi, ke teori mesin uap.

Dia juga berperan penting dalam pengembangan teori kinetic gas. Teori elektrolisisnya -teori penguraian zat cair dengan aliran listrik- sebagian mendahului teori ahli kimia Swedia Svante Arrhenius.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar