Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: AR- RAZI

Abu bakar Muhammad ibnu zakariyya ar-razi atau Ar-razi atau rhazes dalam bahasa latin (854?-925?), dokter dan penulis muslim, yang tulisannya tentang medis telah mengilhami dunia Islam dan Barat pada abad pertengahan.

Lahir dan meninggal di Shahr-e rey, dekat Teheran, Iran. Dia menulis hampir dalam semua aspek ilmu kedokteran. Di antara sejumlah karyanya, yang terpenting adalah al-Hawi (the comprehensive book, atau di Eropa abad pertengahan dikenal sebagai liber continens). Al-Hawi adalah ensikiopedia kedokteran yang luar biasa, aslinya terdiri atas 20 jilid, 10 di antaranya bisa ditemukan. Memuat hampir seluruh pengetahuan kedokteran Yunani, Syria, dan muslim dan juga semua topik penting terkait dengan kedokteran.

Pengalaman dan pengamatan Ar-Razi sebagai seorang dokter membuat Al-Hawi merupakan tonggak dalam sejarah kedokteran. Dalam karya pentingnya yang lain, risalah tentang cacar dan cacar Air ( Treastise on Smallpox and measles), ar-Razi merupakan orang pertama yang menggambar tentang cacar.

Ar-Razi juga berperan dalam bidang kimia dan filsafat, meskipun sebagian besar karyanya dalam bidang ini tak dapat ditemukan. Dia misalnya menyatakan gagasan bahwa sains harus terus berkembang - hal yang tak populer pada masa itu - dan bertentangan pendapat dengan para pengikut filosof Yunani Aristoteles. Dia juga melawan arus dengan menyetujui bahwa materi terdiri atas atom.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar