Get Gifs at CodemySpace.com
Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS:AIKEN, HOWARD


Howard Aiken (1900-1973), ahli matematika dan insinyur computer asal Amerika. Aiken adalah penemu mesin hitung pertama yang bekerja berdasarkan instruksi-instruksui kode-alat yang merupakan generasi awal dari computer masa kini.

Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika, pada 9 Maret 1900. Meninggal di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 14 Maret 1973. Dia belajar di Universitas Wisconsin dan universitas Chicago, lalu menyelesaikan tingkat doktornya di Universitas Harvad. Dia menghabiskan sebagian besar karier professionalnya di Universitas Harvard (1939-1961).

Pada 1937 Aiken dan beberapa orang insinyur mulai mendesain mesin hitung yang bisa diprogram. Korporasi International Business Machines (IBM) dan Angkatan Laut AS bersedia mendukung para insinyur itu untuk menwujudkan desain mereka. AL dan lembaga-lembaga militer menginginkan sebuah computer yang dapat membantu mereka mendesain senjata baru, menghitung lintasan tembakan roket, membuat rencana banguan yang rumit, dan memecahkan kode rahasia musuh.

Pada waktu itu para penemu dari berbagai Negara juga dalam proses membangun computer. Pada awal 1941, jerman menggunakan computer untuk mendesain pesawat dan rudal (peluru kendali). Komputer elektronik pertama mulai dioperasikan oleh Inggris pada 1943, dengan menggunakan tabung hampa udara, bukannya dengan tuas dan sistem mekanik lainnya. Computer ini mampu memecahkan kode rahasia militer Jerman sepanjang Perang Dunia II (1939-1945).

Pada 1944 Aiken dan sekelompok insiyur IBM, dikepalai oleh Clair D. lake, menyelesaikan Mark I, yang juga sering disebut Harvard – IBM Automatic Sequence Controlled Colculator. Tinggi Mark I, adalah 2,4 meter, panjangnya 15,3 meter, dan beratnya hampir 5 ton. Mesin-mesin penghitungnya yang berjumlah 78 menggunakan kabel sekitar 800 kilometer kabel, dikendalikan oleh alat-alat mekanik dan listrik. Program yang “memerintahkan “ Mark I beberja berupa pita kertas berlubang-lubang tempat instruksi-instruksi disampaikan. Sekali diprogram, computer ini secara otomatis bisa melakukan serangkaian operasi hitung sampai dengan 23 digit angka. Mark I digunakan untuk kepentingan-kepentingan militer, termasuk membuat bom atom.

Aiken membuat perbaikan dari Mark I (Mark II,III, dan IV) dari 1947 hingga 1952. Dia menjabat sebagai kepala Laboratorium computer Harvard hingga pensiun pada 1961. Sebagian besar desainer komputer Amerika yang paling berpengaruh berada di bawah bimbingannya. Aiken yang banyak menulis mengenai elektronika, teori saklar, dan pemrosesan data di majalah-majalah ilmiah, belakangan mengajar di Universitas Miami, Amerika. Dia memperoleh penghargaan dari berbagai Negara, seperti Jerman, Belanda, Belgia, dan Prancis.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters