Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: MARCONI, GUGLIELMO

Guglielmo Marconi (1874-1937), insinyur listrik Italia dan penerima Hadiah Nobel, penemu radio-telegraf.

Marconi lahir di Bologna, Italia, pada 25 April 19874, dan meninggal di Roma pada 20 Juli 1937. Menjalani pendidikan di Universitas Bologna.

Pada 1890 Marconi mulai tertarik pada telegraf tanpa kabel. Pada 1984 dia membaca tentang penelitian ahli fisika Jerman Heinrich Hertz yang ketika ita sudah menemukan gelombang radio. Pada 1895 Marconi bisa membuat alat yang berhasil mengirimkan sinyal ke tempat yang jauhnya beberapa kilometer dengan menggunakan bantuan antenna.

Setelah mendaftarkan hak patennya di Inggris, dia mendirikan Marconi’s Wireless Telegraph Company, Ltd., di London pada 1897. Pada 1899 dia berhasil menjalin komunikasi melintasi selat yang terbentang antara Inggris dan Prancis. Pada 1901 dia bisa memancarkan sinyal radio melintasi Samudera Atlantik antara Poldhu, di Cornwall, Inggris, dan St. John’s di Newfoundland.

Penemuan Marconi segera dipakai oleh angkatan laut Ingrris dan Italia, dan pada 1907 sudah demikian banyak perkembangannya sehingga layanan telegrafi tanpa kabel transatlantik dapat didrikan unyuk publik.

Marconi menerima banyak penghargaan dari berbagai Negara. Dia meraih Hadiah Nobel fisika pada 1909 bersama fisikawan Jerman Karl Ferdinand Braun, karena jasanya dalam bidang radio-telegraf. Ketika Perang Dunia I berlangsung, dia merancang transmisi gelombang pendek untuk kepentingan komunikasi rahasia. Pada tahun-tahun menjelang kematiannya. Marconi banyak bereksperimen dengan gelombang pendek dan gelombang mikro. ¨

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar