Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Sabtu, 09 Oktober 2010

TOKOH SAINS: MENDELEYEV, DMITRY

Dmitry Mendeleyev (1834-1907), ahli kimia rusia, terkenal karena karyanya hukum periodic unsur-unsur. Hukum ini menyatakan bahwa unsur-unsur menunjukkan sifat-sifat yang teratur polanya apabila disusun sesuai dengan berat atomnya.

Mendeleyev lahir di Tobolsk, Siberia. Rusia, pada 7 Februari 1834, dan meninggal di St. Petersburg , Rusia pada 2 Februari 1907. Dia belajar ilmu kimia di universitas sanit petersbung, dan pada 1859 dikirim untuk belajar di Universitas Heidelberg.

Dia sanalah dia berjumpa ahli kimia ltalia Stanislao Cannizzaro, yang pandangan-pandangannya tentang berat atom mempengaruhi pemikiran Mendeleyev. Mendeleyev kembali ke Saint Petersbung dan menjadi menjadi guru besar kimia di Institut teknik pada 1863. Dia menjadi guru besar kimia umum di Universitas Saint Petersbung pada 1866.

Mendeleyev tertarik pada berat atom dari berbagai unsur yang berbeda dan membuat daftar ke- 63 unsur kimia yang dikenal pada masa itu, dan mengurutkannya berdasarkan kenaikan berat atom. Dia kemudian menyusun ulang daftar itu, membuat pola berlanjut dalam baris dan kolom dan mendapat bahwa semua unsur yang berada pada satu kolom serupa satu sama lain. Pengaturan unsur kimia ini disebut “tabel periodic”.

Ketika Mendeleyev mengerjakan tabel ini, dia mendapati beberapa kesenjangan, dan karena itu dia memperkirakan bahwa unsur-unsur baru akan ditemukan untuk mengisi kesenjangan itu. Dengan berpatokan pada daftar unsur yang terdapat di kolom yang sama, dia bisa memperkirakan seperti apa unsur yang akan ditemukan untuk mengisi kesenjangan itu.

Pada mulanya para ilmuwan sangat tak percaya pada prediksi Mendeleyev. Tetapi dalam beberapa tahun unsur-unsur kimia baru terus ditemukan dan Mendeleyev pun diakui sebagai ilmuwan terkemukan di dunia karena penemuan “tabel periodic” itu.

Mendeleyev adalah guru terkemukan, dan karena tidak ada buku teks kimia yang bagus maka dia menulis 2 jilid buku prinsi-prinsip ilmu kimia (principle of chemistry, 1868-1870) yang terkenal itu.

Penelitian Mendeleyev juga mencakup studi tentang teori kimia larutan, ekspansi termal zat cair, dan sifat-sifat minyak , pada 1887 dia terbang sendiri dengan balon untuk menyelidiki gerhara matahari.

Pada 1890 dia mengundurkan diri dari universitas sebagai konsekuensi pandangan –pandangan politiknya yang progresif dan dukungannya terhadap reformasi sosial. Pada 1893 dia menjadi direktur Biro untuk Berat dan Ukuran di Saint Petersbung dan menjabat posisi ini sampai dia meninggal.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar