Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: DA VINCI, LEONARDO

Leonardo da Vinci (1452-1519), seniman, salah satu tokoh terbesar Renaisans. Dikenal sebagai pelukis, pematung, arsitek, insinyur, dan ilmuwan.

Cintanya yang mendalam pada ilmu dan riset merupakan kunci dari usaha kerasnya dalam bidang seni dan sains. Selain karya seninya, studi keilmuwannya-khususnya dalam bidang anatomi, optic, dan hidraulik-mendahului banyak penemuan dalam bidang sains modern.

Leonardo lahir di kota kecil Vinci, di Tuscany (Toscana), dekat Florence. Pada pertengahan 1460-an keluarga ini tinggal di Florence, dan Leonardo memperoleh pendidikan terbaik di salah satu kota yang menjadi pusat kegiatan intelektual dan seni di Italia.

Leonardo dikenal sebagai seniman terkemuka yang menghasilkan karya-karya terbaik. Lukisannya antara lain Perjamuan Terakhir (The Last Supper, 1495-1497) dan Mona Lisa (1503-1506). Dia juga menghasilkan karya-karya patung dan menulis risalah tentang seni.

Sebagai insinyur dia menghasilkan banyak karya. Misalnya, pada 1482 Leonardo bekerja untuk bangsawan Milan, Ludovico Sforza, menjadi kepala insinyur proyek-proyek militer, seperti membuat jembatan yang dapat dibongkar-pasang, meriam, kapal perang, dan katapel.

Sebagai ilmuwan, teori sains Leonardo selalu brdasarkan pada pengamat yang saksama dan dokumentasi yang rinci. Dia sangat memahami pentingnya pengamatan ilmiah yang saksama lebih daripada siapa pun yang hidup sezaman dengannya. Sayangnya, dia tidak pernah bisa menyelesaikan risalah dalam berbagai bidang sains. Teori-teorinya terdiri atas sejumlah catatan kecil, sebagian besar ditulis dengan tulisan terbaik-yang dapat dibaca dengan baik melalui cermin. Karena jauh mendahului zamannya, karya-karya Leonardo tidak banyak dimengerti pada masanya.

Leonardo benar-benar telah mendahului banyak penemuan pada zaman modern. Dalam bidang anatomi, dia mempelajari peredaran darah dan cara kerja mata. Dalam bidang meteorologi, dan geologi dia menghasilkan beberapa penemuan : mempelajari pengaruh bulan pada proses pasang-surut air laut, meramalkan konsep modern tentang pembentukan benua, dan memperkirakan sifat-sifat fosil.

Dia adalah salah satu tokoh yang merintis ilmu hidraulik dan mungkin yang mula-mula merancang hydrometer. Rancangannya tentang kanalisasi sungai masih bernilai praktis hingga kini. Dia menemukan sejumlah besar mesin yang berguna bagi kehidupan, antara lain peralatan menyelam. Temuannya yang terkait dengan alat-alat untuk terbang, meskipun tidak dapat dipraktekkan, mewujudkan prinsip-prinsip penting dalam bidang aerodinamika.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar