Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: ARISTARCHUS


Aristarchus dari Samos (sekitar 310-250 SM), astronom Yunani yang pertama kali menyatakan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari.

Teori Aristarchus bahwa bumi berputar dapat kita ketahui melalui tulisan-tulisan Archimedes dan Plutarchus-pengarang yunani-karena tidak satu pun dari karyanya mengenai bidang ini dapat ditemukan. Namun pendapat Aristarchus itu tidak dihiraukan orang selama berabad-abad sampai astronom Polandia Nicolaus Copernicus mengatakan hal yang sama. Namun sejak itu orang mengenal teori ini sebagai teori Copernicus.

Satu-satunya karya Aristarchus yang sampai pada masa kini adalah Tentang Dimensi dan Jarak Matahari dan Bulan. Dalam karyanya ini dia menggambarkan cara menghitung jarak relatif matahari dan bulan dari bumi. Meksipun metodenya itu benar, tetapi hasil perhitungannya salah karena ilmu matematikanya yang kurang dan perlatannya yang terbatas. Namanya diabadikan sebagai nama salah satu kawah yang ada di bulan. ¨

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar