Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: BANKS, JOSEPH

Joseph Banks ( 1743-1820), ahli ilmu alam Inggris, yang berperan menjadikan botani sebagai sebuah disiplin akademis.

Joseph Banks lahir di London dan menjalani pendidikan di Christ Church College, Universitas Oxford. Putra seorang dokter kaya, dia tertarik pada botani sejak masa sekolah. Setelah mewarisi kekayaan ayahnya, di bisa mengelilingi dunia untuk mencari tumbuhan dan hewan baru. Ekspedisi pertamanya, pada 1766, tertuju ke Labrador dan Newfoundland.

Pada 1768 dia melakukan pelayaran dengan Kapten James Cook di kapal Endeavour menuju ke Tahiti dan Laut Selatan. Dalam perjalanan selama tga tahun ini, Banks ambil bagian dalam eksplorasi pertama benua Australia. Banksia, tumbuhan indah dari Autralia diberi nama berdasarkan nama Banks.

Pada 1788 banks menjadi Presiden Royal Society-komunitas ilmuwan paling terkenal di inggris-jabatan yang dipegangnya sampai meninggal. Dia juga menjadi anggota Institut di France pada 1802.

Banks adalah teman Raja George III, dan menyarankan dia untuk memperluas taman-taman di Kew dan beternak domba merino (domba penhasil wool)-yang belakangan menjadi sangat penting di Australia. Banks adalah orang yang ramah dan bersahabat, dan perpustakaan serta koleksi sejarah alamnya selalu terbuka untuk digunakan oleh ilmuwan-ilmuwan lain.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar