Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: ARKWRIGHT, RICHARD

Richard Arkwright (1732-1792), penemu dan pengusaha industry tekstil, penemu mesin pemintal serat katun menjadi benang.

Arkwright lahir Preston, Lancashire, Inggris, pada 23 Desember 1792, dan meninggal di Cromford, Derbyshire, lnggris, pada 3 Agustus 1792. Mesin pemintalnya mulai digunakan di Preston pada 1768. Para pekerja pemintalnya yang khawatir bahwa mesin ini akan “mengalahkan” produksi mereka, memberontak dan mengahancurkan pabrik. Arkwright pun pindah ke Nottingham dan bermitra dengan pemintal katun Jedediah Strutt, penemu mesin pembuat topi. Pada 1769 Arkwright memperoleh hak paten untuk mesin pintalnya dan mendirikan pabrik pertamanya. Mesin pemintal itu menggunakan tenaga kuda. Pada 1771 dia mendirikan di Cromford pabrik besar yang menggunakan tenaga air.

Kesuksesan Arkwright juga karena adanya system manajemen dan pembagian kerja buruh, yang menjadi contoh bagi pabrik-pabrik. Hak paten mesin pintal Arkwright digugat oleh banyak kalangan. Dia dituduh telah mencuri penemuan orang lain. Setelah beberapa tahun di pengadilan, pengadilan King’s Bench membatalkan patennya pada 1785. Namun demikian, Arkwright tetap sukess sebagai pengusaha tekstil dan kemudian menerima gelar kebangsawanan dari Raja George III.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar