Get Gifs at CodemySpace.com
Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: ARMSTRONG, EDWIN

Edwin Armstrong (1890-1954), penemu dan insinyur listrik Amerika yang memberi sumbangan mendasar bagi perkembangan komunikasi radio.

Armstrong lahir di Kota New York, Amerika, pada 18 Desember 1890 dan meninggal di kota yang sama pada 1 Februari 1954. la menjalani pendidikan di Universitas Columbia dan kemudian diangkat menjadi guru besar bidang rekayasa listrik pada 1936. Armstrong merancangbeberapa sistem dan sirkuit elektronik yang sangat penting bagi perkembangan radio, di antaranya sirkuit regeneratif dan sistem penyiaran radio FM (frequency modulation).

Sirkuit regeneratif, ditemukan oleh Armstrong pada 1912. Berdasarkan penemuan tabung hampa trioda dan audion-yang dapat memperkuat suara lemah-oleh fisikawan Lee De Forest. Penemuan ini membuat perubahan besar dalam komunikasi radio tanpa kabel, karena sirkuit ini dapat memperkuat sinyal radio yang lemah tanpa adanya gangguan. Sirkuit ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan penerima-penerima radio lainya pada masa itu.

Namun penemuan ini mengakibatkan perkara perebutan paten yang sengit di pengadilan antara Armstrong dan De Forest. Para hakim menyatakan Armstrong kalah, namun para ilmuwan yang mengerti soal listrik justru menganggap keputusan para hakim itu tidak tepat. Para ilmuwan malah menganugerahi Armstrong Medali Franklin-hadiah tertinggi di Amerika untuk ilmuwan berprestasi.

Pada 1930-an Armstrong membangun sistem penyiaran FM, yang menghasilkan kualitas suara lebih baik dan lebih tahan terhadap gangguan daripada sistem penyiaran lama, yaitu AM (amplitude modulation). Meskipun siaran FM tidak bisa terlaksana hingga Armstrong meninggal, tetapi pada masa kini siaran FM demikian luas digunakan.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters