Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: BAEKELAND, LEO

Leo Baekeland (1863-1944), ahli kimia Belgia-Amerika, dikenal karena penemuan plastic tahan panas yang dinamainya Bakelite pada sekitar 1906.

Lahir di Ghent (Gent), Belgia, pada tanggal 14 November 1863, dan meninggal di Beacon, New York, Amerika, pada tanggal 23 Februari 1944. Menjalani pendidikan di Universitas Ghent, Baekeland pindah ke Amerika Serikat pada 1889.

Karena hobi bepergian dan memotret, dia kemudian mendirikan pabrik kertas foto di Amerika. Pencetakan foto pada masa itu kurang praktis karena harus menggunakan sinar matahari. Dalam waktu singkat, Baekeland dapat menemukan jenis kertas foto yang baru, disebut Velox, yang dapat digunakan untuk mencetak foto hanya dengan bantuan cahaya buatan seperti sinar lampu.

Dia juga menemukan plastic modern yang tahan panas. Setelah sebelumnya pada 1870 Hyatt menemukan plastic seluloid. Dia menerima banyak penghargaan atas jasanya itu, antara lain Medali Nicholas dari Masyakarat Kimia Amerika pada 1909 dan Medali Franklin dari Institut Franklin pada 1940.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar