Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: LINNAEUS, CAROLUS

Carolus Linnaeus (1707-1778), ahli ilmu alam Swedia, yang menemukan sistem pemberian nama dua suku kata untuk mengklasifikasi dan mengelompokkan makhluk hidup.

Linnaeus lahir dari keluarga religius di kota kecil di Smaland, pada 1707, dan meninggal pada 1778. Ayahnya yang suka tanaman memiliki kebun besar sehingga Linnaeus kecil sudah mengenal botani sejak kecil.

Linnaeus menjadi terpesona pada sejarah alam dan menekuni minat itu di setiap jenjang pendidikannya. Pada 1727 dia masuk Universitas Lund untuk belajar kedokteran-karena di sini dia juga akan mempelajari material medica (studi botani). Setahun kemudian dia belajar di Universitas Uppsala karena di sana terdapat jurusan botani dan komunitas ahli botani.

Pada 1735, Linnaeus menerbitkan Systema naturae, buku pertama dari banyak karyanya, yang merumuskan pengaturan sistem klasifikasi dunia hewan, tumbuhan, dan mineral. Linnaeus menggagas cara pemberian nama untuk setiap jenis spesies yang berbeda. Nama itu terdiri atas dua bagian-misalnya Canis familiaris untuk “anjing” dan Canis vulpes untuk “rubah”. Dengan cara ini setiap jenis hewan dan tumbuhan mendapatkan nama yang berbeda, tetapi juga kesamaan antar jenisnya tetapi terlihat. Sistem ini memungkinkan setiap hewan dan tumbuhan baru dapat ditempatkan pada kelompok-kelompok spesies yang sama. (Perhatikan bagian pertama nama Canis untuk “anjing” dan “rubah” yang menggambarkan kesamaan kelompok hewan tersebut). Karena sistem klafisikasi yang rapi, muncul istilah “Tuhan menciptakan; Linnaeus mengaturnya.

Linnaeus diangkat sebagai guru besar kedokteran dan kemudian guru besar botani di Universitas Uppsala, Swedia, yang merupakan almamaternya. Pada 1753 dia diberi gelar Knight of the Polar Star karena karyanya, dan belakangan juga dianugerahi gelar bangsawan.

Ke mana pun Linnaeus pergi, dia selalu mengumpulkan tumbuhan dan membuat catatan atas apa yang dilihatnya. Dia mempublikasikan lebih dari 180 karya, yang terpenting adalah Systema naturae, yang masih digunakan sampai sekarang oleh para ahli untuk mengklasifikasikan makhluk hidup.

Linnaeus terlahir dengan nama Carl Linné tetapi lebih dikenal sebagai Carolus Linnaeus karena semua karyanya ditulis dalam bahasa Latin. ¨

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar