Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Jumat, 08 Oktober 2010

TOKOH SAINS: MEITNER, LISE

Lise Meeitner (1878-1968), fisikawan Austria-swedia, yang pertama kali mengidentifikasi fisi nuklir.

Lahir di wina, Austria, pada 1878, dan meninggal pada 1968 Menjalani pendidikan di Universitas Wina dan Universitas Berlin. Di Universitas Berlin dia mempelajari fisika teoretis. Prasangka seksual pada masa itu membuat Lise Meitner tidak bisa menggunakan laboratorium yang sama dengan kuam pria dan karenanya dia harus bekerja di sebuah bengkel kayu yang sudah tua. Di sinilah, dia dan mitranya Otto Hahn mengerjakan percobaan penting dalam bidang radioaktivitas. Pada 1918 dia dan Hahn mengumumkan penemuan unsur radioaktif baru bernama protaktinium.

Setelah Perang Dunia I, Meitner kembali ke berlin. Tetapi ketika Hitler berkuasa dia dipaksa meninggalkan jerman karena asal-usulnya sebagai Yahudi. Dia mengungsi ke swedia dan kemudian menjadi warga Negara itu. Dia terus berkarya, dan pada 1939. Bersama keponakannya, fisikawan Inggris Otto Robert Frisch, dia menerbitkan makalah yang menjelaskan mengapa inti uranium bisa membelah setelah dibombardir dengan netron. Karena karyanya mengenai fisi nuklir inilah dia mendapat hadiah Enrico Fermi untuk Fisika Atom. Dia merasa takut bahwa penemuan ini akan digunakan untuk membuat bom dan menolak meneliti mengenai bom atom. Dari 1926 hingga 1933 Meitner menjadi guru besar fisika di unversitas Berlin di Jerman. Pada 1946 dia menjadi guru besar tamu di unversitas katolik di Washington, D.C, dan pada 1959 dia kembali mengunjungi AS untuk mengajar di Bryn Mawr College. Pada 1997 International Union of Pure and Applied Chemistry mengumumkan bahwa unsur kimia dengan nomor atom 109 diberi nama resmi Meitnerium (Mt) atas jasa-jasanya.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar