Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

LEONHARD EULER



      Ahli matematika Swiss (1707-1783), penemu banyak konsep teknik, dan notasi Matematika, bapak analisasi matematika modern.
     Lahir di Basel, Swiss, pada 15 april 1707, dan meninggal di st, Petersburg, Rusia pada 18 september 1783. Pernah belajar teologi di Universitas Basel, kemudian masuk ke akademi ilmu pengetahuan di st. Petersburg.
     Pada 1727 Lenhard Euler pindah dari Swiss ke st. Petersburg, Rusia. Di sinilah dia menerbitkan buku-buku dalam berbagai bidang matematika termasuk teori-teori baru trigonometri dan logaritma. Euler adalah perintis matematika murni dan memberikan sumbangsih penting dalam bidang geometri, kalkulus, teori bilangan, dan juga bagi aplikasi praktis matematika. Mungkin karena bekerja terlalu keras dia harus merelakan satu indra penglihatannya rusak.
     Pada 1741 Frederick Agung mengundang Euler bergabung dengan akademi Berlin; dan dia tinggal di sana selama 25 tahun. Fredrick menyebutnya “siklop matematika” (siklop: raksasa bermata satu dalam mitologi Yunani) dan Euler merasa semakin tidak bahagia. Dia pun kembali ke Rusia, memenuhi undangan Catherine Agung. Tetapi tak lama setelah kedatangannya di Rusia, dia kehilangan satu indra penglihatan lagi.
     Namun demikian, kebutaan tak dapat menghentikan Euler. Dia terus berkaya dengan keterampilannya dalam bidang mekanika, optic, akustik, dan astronomi.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar