Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

WILLEM DE SITTER




      Willem de Sitter (1872-1934), ahli matematika, fisikawan, dan astronom Belanda. De Sitter terkenal karena studinya tentang struktur alam semesta, yang antara lain menyebutkan bahwa jagat raya selalu berkembang.

     Karyanya juga berperan memperkenalkan para astronom dengan teori relativitas yang diajukan oleh astronom Amerika kelahiran Jerman, Albert Einstein.
     De Sitter dilahirkan di Sneek, Belanda, pada 6 Mei 1872, dan meninggal di Leiden, Belanda, pada 20 November 1934. Dia meraih gelar sarjana muda dalam bidang matematika dan fisika dari Universitas Groningen pada 1897. Kemudian pada tahun yang sama. De Sitter berangkat ke Royal Observatory di Cape Town, Afrika Selatan, melakukan pengamatan astronomi, mengumpulkan data untuk kepentingan tesisnya. Ia kembali ke Belanda pada 1899 untuk menyelesaikan penulisan tesisnya, dan juga menjadi asisten astronom Belanda Jacobus Kapteyn di Leiden. Ia meraih gelar doctoral pada 1901 dan tetap menjadi asisten Kapteyn hingga 1908.
     Pada 1908 De Sitter menjadi guru besar astronomi di Universitas Leiden. Ia menjadi direktur observatorium universitas pada 1919. Ia memegang kedua jabatan itu sampai meninggal.
     Pada 1919 De Sitter memperkenalkan alternative pemecahan dari persamaan teori medan Eintein. Pada 1932 Einsten dan De Sitter bekerja sama untuk memperbaiki teori kosmologi mereka sebelumnya dan membuat model alam semesta Einstein-De Sitter. Model inilah yang pertama kali memprediksi adanya materi gelap (dark matter)-yaitu materi yang tidak memancarkan radiasi elektromagnetik dan dengan demikian tidak terdeteksi-di alam semesta.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar