Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

THOMAS EDISON




     Thomas Edison (1847-1931) adalah tokoh penemu asal Amerika, salah satu penemu terbesar sepanjang masa.
     Edison lahir di Milan, Ohio, AS pada 11 februari 1847, dan meninggal di West orange, New York, pada 18 oktober 1931. Dia mulai bekerja sejak kecil hingga akhir hayatnya sebagai seorang penemu, dia dikenal sebagai orang yang focus dan keteguhannya.
     Sepanjang karirnya Edison mempatenkan lebih dari 1.000 penemuan, antara lain lampu listrik, gramafon, dan kamera gambar hidup. Tiga penemuan ini menumbuhkan industry raksasa di bidang kelistrikan, perusahaan rekaman dan gramafon, serta perusahaan film.
     Penemuan itu mengubah pola hiburan dan pada kerja masyarakat sedunia. Periode 1879-1900 saat penemuan-penemuan Edison itu diproduksi dan disempurnakan, sering disebut sebagai Abad Edison.
     Edison memperoleh pengetahuan tentang listrik dan telegraf ketika remaja. Pada 1868, dalam usia 21, dia membuat mesin perekam telegraf, penemuan pertamanya yang dipatenkan. Setahun kemudian, Edison menemukan versi baru stiker stok, yang bisa dicetak di atas pita kertas. Tidak seperti stiker terdahulu, buatan Edison ini benar-benar otomatis.
     Dua penemuan pertama ini tidak menghasilkan uang bagi Edison. Tetapi ketika dia memperbaiki lagi stiker stok, dia memperoleh uang 40.000 dolar AS. Dia bersama mitra bisnisnya mendirikan perusahaan untuk memproduksi stiker stok itu. Selama lima tahun berikutnya, Edison menghabiskan waktu 18 jam sehari untuk menemukan berbagai alat-alat listrik di bengkelnya di Newark, New Jersey. Salah satu yang penting adalah quadruplex, telegraf yang sangat efisien yang dapat mengirim empat pesan sekaligus.
     Pada 1876 Edison mendirikan laboratorium di Menlo Park, New Jersey, laboratorium pertama di dunia yang didirikan untuk kepentingan riset industry. Penemuan penting pertama Edison di sini adalah penyempurnaan telepon. Telepon yang dipatenkan oleh Alexander graham bell pada 1876 Cuma dapat beroperasi dalam jarak 3-5 km. setelah beratus-ratus kali mencoba. Edison menyempurnakan telepon hingga dapat menyampaikan pesan dengan jelas hampir tanpa batasan jarak. Pada maret 1878 sistem telepon Edison dapat menghubungkan kota new York dengan Philadelphia. Pennsylvania yang berjarak 172 km.
     Saat menyempurnakan telepon, Edison menyadari bahwa dia pun dapat merekam suara. Eksperimen pada 1877 menandai awal penemuan fonograf yang kemudian dipatenkan pada februari 1878.
Penemuan lain Edison adalah lampu pijar. Setelah melalui ratusan percobaan yang memakan waktu setahun, Edison bisa membuat bahan tahan panas yang mampu membuat lampu pijarnya menyala selama 40 jam. Dia kemudian membuat rencana sisten distribusi listrik yang melibatkan dynamo sebagai pembangkit listrik dan system pembagiannya ke rumah-rumah. System ini tetap digunakan sebagai dasar system listrik modern.
     Edison juga menemukan efek Edison, salah satu hal mendasar dalam elektronika modern, yaitu efek gelap yang diakibatkan oleh pancaran electron. Pada 1884 edison mendapat paten dari alat yang beroperasi atas dasar efek Edison, walaupun alat itu terbukti tidak begitu efektif.
     Pada 1886, Edison membeli Glenmont, rumah besar di pedesaan West Orange, New Jersey, dan mendirikan laboratorium baru. Dia tinggal di sana selama 45 tahun tempat yang kini menjadi bagian dari situs sejarah nasional Edison.
     Edison menghasilkan banyak penemuan antara lain kamera gambar bergerak, kinetoskop, dan baterai penyimpan.
     Cara kerja Edison digambarkan benar-benar luar biasa. Dia hidup dalam laboratoriumnya, tidur empat jam dan makan makanan yang dibawakan oleh asitennya. Dia kadang-kadang tetap terjaga selama 48, bahkan 72 jam, jika eksperimennya hampir selesai. Dia tidak segan-segan mencoba ratusan kali untuk menemukan bahan yang tepat untuk keberhasilan percobaannya. Sebelum melakukan percobaan, Edison biasa membaca semua literature tentang tema tersebut sehingga dia tidak mengulangi percobaan yang sudah dilakukan orang. Cara kerja Edison ini mungkin paling tepat digambarkan dalam pernyataan Edison yang terkenal, “Jenius adalah 1% inspiransi dan 99% kerja keras.”
     Sepanjang hidup Edison, dia menerima penghargaan dari seluruh belahan dunia. Pada 1881 dia memperoleh Bintang jasa Perancis untuk rencangan system distribusi listrik. Italia mengangkatnya sebagai Grand Officer of the Crown pada 1889. Penghargaan lainnya didapat  lagi dari pemerintah Chile, Inggris, Jepang, Rusia, dan beberapa negara lainnya. Usahawan Amerika Henry Ford menghabiskan jutaan dolar untuk mendirikan museum indrustri di Dearborn, Michigan. Museum itu memuat sebagian besar koleksi penemuan Edison.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar