Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

ARTHUR DEMPSTER



Arthur Jeffrey Dempster (1886-1950) adalah fisikawa Amerika, penemu spectrometer massa, uranium-235, dan beberapa isotop stabil.
     Lahir di Toronto, Kanada, pada 14 Agustus 1886, dan meninggal di Struart, Florida, AS, pada 11 Maret 1950. Menjalani pendidikan di Universitas Toronto, Kanada dan Universitas Chicago.
     Dempster dikenal karena penemuan spectrometer massa, yaitu alat untuk mengukur kuantitas bermacam- macam inti atom dalam suatu bahan. Alat ini berguna untuk menganalisis komposisi kimia dan untuk menentukan berjenis-jenis isotop suatu unsur.
     Pada 1936, bersama fisikawan AS Kenneth T. Bainbridge dan Austria J.H.E. Mattauch, Dempster membuat spectrometer massa berfokus ganda untuk mengukur massa inti atom.
     Dengan menggunakan alat temuannya itu, Dempster menemukan isotop uranium-235, bahan bakar untuk bom atom.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar