Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

PAUL DIRAC




Paul Dirac (1902-1984), fisikawan teoretis asal Inggris, peraih Hadiah Nobel, dikenal karena prediksinya tentang keberadaan positron, atau antielektron, dan risetnya dalam bidang teori kuantum.

     Dirac lahir di Bristol, Inggris, pada 8 Agustus 1902, dan meninggal pada 1984. Menjalani pendidikan di Universitas Bristol dan Universitas Cambridge.
     Teori kuantumnya tentang gerakan elektron membuka jalan baginya untuk merumuskan pada 1928 tentang keberadaan suatu partikel yang sama dengan elektron namun berbeda muatan-elektron bermuatan negatif dan partikel hipotetis ini bermuatan positif. Teori Dirac memperoleh pembuktian pada 1932 ketika fisikawan Amerika Carl Anderson menemukan positron.
     Pada 1933 Dirac memperoleh Hadiah Nobel fisika bersama dengan fisikawan Austria Erwin Scohrodinger. Pada 1939 dia diangkat menjadi anggota Royal Society. Dia menjadi guru besar matematika di Cambridge dari 1932 hingga 1968, guru besar fisika di Universitas Negeri Florida dari 1971 sampai meninggal, dan anggota Institute for Advanced Study secara periodik antara 1934 dan 1959. Karya tulis Dirac antara lain Prinsip-Prinsip Mekanika Kuantum (Principles of Quantum Mechanics, 1930).

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar