Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 19 Desember 2011

LOUIS DE BROGLIE



Louis de Broglie (1892-1987), fisikawan Prancis peraih Hadiah Nobel. Studinya dalam bidang radiasi elektromagnetik memberi sumbangan penting bagi teori mekanika kuantum.
    
     De Broglie lahir di Dieppe, Prancis, pada 15 Agustus 1892, dan meninggal pada 1987. Menjalani pendidikan di Universitas Paris.
     Dia merumuskan sifat rangkap materi dan energy, yang menurutnya terdiri partikel dan bergerak seperti gelombang. Karena teorinya yang menyebut electron bersifat gelombang, dia dianugerahi hadiah Nobel fisika pada 1929.
     Dia menjadi anggota Akademi Sains (1933) dan Akademi Prancis (1943). Dia diangkat sebagai  guru besar fisika teoretis di Universitas Paris (1928), sekretaris tetap Akademi Sains (1942), dan penasihat Komisi Energi Atom Prancis (1945).
     Beberapa bukunya  telah terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, antara lain Materi dan Cahaya (Matter and Light, 1939),Revolusi dalam bidang Fisika (Revolution in Physics, 1953), Interpretasi Terbaru tentang Mekanika Gelombang (Current Interpretation of Wave Mechanics, 1964), dan Kuantum, Ruang, dan Waktu (Quantum, Space, and Time, 1984).


Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar