Get Gifs at CodemySpace.com
Selamat datang di blog saya ini. Blog ini berisi seputar Biologi SMP, meliputi materi, soal latihan, dan soal-soal OSN SMP, serta berita-berita seputar kegiatan Olimpiade Sains. Anda juga dapat terhubung dengan beberapa situs yang terkait dengan biologi, dengan cara klik pada links blog saya ini.
The fruit of silence is prayer, The fruit of prayer is faith, The fruit of faith is love, The fruit of love is service, The fruit of service is peace. (Buah kesunyian adalah doa, Buah doa adalah iman, Buah iman adalah cinta, Buah cinta adalah pelayanan, Buah pelayanan adalah damai.) **(Mother-Teresa)**

Senin, 10 Januari 2011

TOKOH SAINS: BAIRD, JOHN LOGIE

John Logie Baird (1888-1946), insinyur dan perintis televisi asal Skotlandia. Dia yang pertama kali menemukan alat komersial yang mampu memancarkan dan menerima gambar visual.

Baird lahir di Helensburgh, Skotlandia. Dia masuk ke Akademi Larchhifield, Royal Technical college, dan Universitas Glasgow. Karena kesehatannya yang buruk, dia tidak bisa ikut dalam perang Dunia I (1914-1918) dan tidak bisa terus bekerja sebagai insiyur listrik. Dia mempunyai banyak minat, tetapi kemudian berkonsentrasi pada elekronika setelah melihat kesuksesan insiyur Italia Guglielmo Marconi yang menemukan radio.

Pada 1925, saat bekerja sebagai penjual semir sepatu dan pisau cukur, Baird memperoleh kemajuan penting dalam mendesain transmisi citra fotomekanis yang telah dia buat pada akhir 1800-an. Jantung dari alat Baird ini adalah disket Nipkoiw, alat mekanik yang ditemukan oleh saintis Jerman Paul Nipkow pada 1884. Untuk memancarkan gambar, Baird menggunakan teknik dasar yang sama yang digunakan oleh Nipkow, tetapi dia menambahi desain lama ini dengan sel fotoelektrik yang terbaru. Dengan alat yang telah diperbaiki ini, Baird berhasil memancarkan gambar dari satu sudut loteng apartemennya ke sudut lainnya. Dia segera mencari model hidup, dan pada hari yang sama dia mengulangi percobaannya dengan seseorang anak sebagai model. Inilah transmisi pertama benda bergerak yang diakui.

Baird menamakan penemuannya ini Televisor Baird, dari pada Januari 1926 dia mendemonstrasikannya pada sekelompok investor. Tahun berikutnya dia mendemonstrasikan television melalui jalur telepon antara London dan Glasgow, Inggris. Dia mulai menjual Televisor bentuk kotak pada 1929, dari pada tahun itu juga dia berhasil menyelaraskan transmisi gambar dan suara. Akhirnya pada 1928, British Broadcasting Corporation (BBC) mulai memancarkan berita-berita dan pertunjukkannya dengan menggunakan format Televisor Baird. Inilah pengguna pertama televisi secara komersial. Siaran luar ruang pertama (balapan kuda derby pada 1931) juga dilakukan dengan Televisor Baird.

Perkembangkan yang cepat dalam bidang industri elektronik segera mengambil alih Televisor Baird, dan pada 1937 format itu telah digantikan oleh metode transmisi dan penerimaan gambar yang seluruhnya elekstris. Baird memberikan beberapa sumbangan lain kepada teknologi televisi. Dia dikenal karena mendemonstrasikan televisi berwarna dan televisi stereoskopis (tiga dimensi). Menggunakan disket yang terbuat dari lilin dan besi magnetik, dia juga yang pertama kali yang membuat rekaman elektris gambar visual untuk televisi.

Sumber: Ensiklopedi Tokoh Sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters